-->

Sabtu

Waspadai Copet!, Menparekraf Ingatkan Wisatawan Waspadai Kejahatan Saat Libur Nataru

Waspadai Copet!, Menparekraf Ingatkan Wisatawan Waspadai Kejahatan Saat Libur Nataru

 Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Natal 2023 dan Tahun Baru diminta untuk mewaspadai tindak kejahatan. Hal ini disampaikan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Foto ilustrasi : Tepi pantai

“Kami mohon tetap waspada bagi wisatawan dalam bepergian dimanapun. Sebab banyak sekali kasus kejahatan,” kata Sandiaga Salahuddin Uno , Minggu (24/12/2023).

Selain itu, Sandi meminta para wisatawan untuk memastikan barang bawaan termasuk barang berharga. Hal ini dilakukan agar tetap berada dalam jangkauan.

“Jadi pastikan bahwa barang-barang berharga dalam jangkauan kita, dan kita tidak memberikan kesempatan untuk tindak pidana apa pun juga. Jadi kalau berpergian apalagi berkelompok kita saling mengingatkan,” ujar Sandi.

Dalam hal ini, Sandi berharap pihak kepolisian memberikan efek jera terhadap para pelaku kejahatan. Menurut Sandi, pelaku kejahatan harus di proses secara hukum.

“Kalau kita lihat pola (kejahatan) terulang kembali kita rekomendasikan ke dinas setempat untuk mendapatkan catatan khusus. Kita tidak akan memblokir atau blacklist namun akan dibina sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali,” kata Sandi menutup.

Sementara , Kemenhub RI mengangkat tema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman' pada acara Mudik Gratis Nataru 2023. Kemenhub ingin menekan angka kecelakaan lalu lintas di akhir tahun 2023 ini.

"Ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas. Khususnya, bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan," kata Inspektur Inspektorat Jenderal Kemenhub Amin Hudaya dalam keterangan persnya, Sabtu (23/12/2023).

Selain menghadirkan bus mudik gratis, Amin mengungkapkan, Kemenhub juga menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor. "Truk pengangkut motor itu, sudah diberangkatkan sejak 22 Desember 2023 dari Terminal Pondok Cabe," ucap Amin.

Sementara, Kasubdit Angkutan Perkotaan Iman Sukandar melaporkan, pihaknya menyediakan 90 unit bus dalam mudik gratis Nataru 2023. Kegiatan mudik gratis angkutan jalan Nataru 2023/2024 memiliki total kuota sebanyak 3.600 peserta.

"Adapun jumlah bus yang digunakan sebanyak 90 unit, terbagi menjadi 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan. Dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama," kata Iman (*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved