-->

Sabtu

Waspada di KM 47 Macet, Menhub Minta Masyarakat Manfaatkan Potongan Tarif Tol saat Libur Nataru

Waspada di KM 47 Macet, Menhub Minta Masyarakat Manfaatkan Potongan Tarif Tol saat Libur Nataru

Menteri Perhubungan Budi (Menhub) Karya Sumadi mengimbau para pengguna jalan tol memanfaatkan potongan tarif sejumlah tol. Terkait arus lalu lintas pada masa libur Natal 2023-Tahun Baru 2024 (Nataru), mulai dari Tol Jakarta-Cikampek.

Menhub: Manfaatkan Potongan Tarif Tol saat Libur Nataru

"Pada waktu waktu telah ditetapkan pada beberapa pintu tol. Untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik, maupun arus balik," kata Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (20/12/2023).

Kakorlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, penerapan rekayasa lalu lintas akan dilakukan pada jalur krusial dan sesuai perhitungan VC Ratio. "Titik krusial pada jalur Tol Jakarta-Cikampek, yaitu Kilometer (KM) 47," kata Brigjen Aan.

Sebab, kata Brigjen Aan, itu merupakan pertemuan jalur Layang MBZ dan jalur di bawah. "(Kemudian, red) KM 72 dan KM 87 yang terdapat penyempitan jalan/bottleneck," ucap Brigjen Aan.

Dia juga menjelaskan tol lainnya menjadi perhatian. "Yaitu Tol Semarang-Bawen dan Tol Jakarta-Cikupa yang menuju Banten dan Pelabuhan Merak," ujar Brigjen Aaan.

Sekretaris Direktorat Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono juga menjelaskan fungsional sejumlah jalur tol. "Jalur tol sepanjang 151,2 KM akan berfungsi secara fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas libur Nataru tahun ini," kata Triono.

Dalam tinjauannya, Menhub Budi juga melakukan pantauan melalui udara. Terpantau hingga hari ini, arus jalan tol lintas Cikampek, Cikopo, hingga Palimanan, masih terbilang lancar.

Turut hadir dalam peninjauan, Kepala BPJT KemenPUPR Miftachul Munir, Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kemenko PMK. Dirut PT Jasa Raharja (Persero) Rivan Purwantono, Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Ahmad Yani.

Menteri Perhubungan Budi (Menhub) Karya Sumadi juga mengatakan, potensi kepadatan pada ruas tol berada di Tol Jakarta-Cikampek Kilometer (KM) 47. Terkiat titik/wilayah krusial pada Jalur Trans Jawa masa libur Natal2023-Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Karena Pertemuan Tol Layang MBZ Bekasi dengan jalur tol di bawah hingga Tol Cisumdawu di Jawa Barat sudah beroperasi penuh. Dan juga, Jalur Tol Jakarta-Cikupa menuju Banten, maupun Pelabuhan Merak," kata Budi, Rabu (20/12/2023).

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Terkait Penanganan Arus di Tol Cikampek. Rapat berlangsung di Kantor Jasa Marga, Cikampek Utama, Jawa Barat, Selasa.

"Kami bersama Kepolisian, Kementerian PUPR, Jasa Marga, Kemenko PMK, Dinas Perhubungan, dan unsur terkait lainnya. Menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas di ruas-ruas tol krusial," ucap Budi.

Dia mengatakan, telah disepakati komando di lapangan terkait penanganan arus lalu lintas di lapangan adalah Korlantas Polri. Sebab, kata dia, Korlantas nantinya akan memutuskan penerapan cara bertindak melalui rekayasa lalu lintas.

Sebelumnya terwartakan, Korlantas Polri akan mengatur contra flow, one way, maupun cara lainnya secara situasional. "Dengan melihat tingkat perhitungan kepadatan kendaraan atau volume to capacity (VC) Ratio," kata Budi.

Polri memprediksi akan terjadi pergerakan masyarakat sebanyak 107,63 juta orang. Selain itu, 2,88 juta kendaraan diprediksi akan keluar dari Jakarta saat libur Nataru.

Polri dalam skala nasional, menggelar Operasi Lilin 2023 selama 12 hari. Yaitu, pada (22/12/2023)-(2/1/2024).

Operasi Lilin 2023 melibatkan 129.923 personel gabungan. Terdiri dari personel Polri, TNI, dan instansi terkait.

Selain itu, Polri juga mendirikan 2.451 pos komando (posko). Terdiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, dan posko terpadu.

Polri menyediakan fasilitas lahan parkir dan sejumlah pengamanan bagi masyarakat mudik saat libur Natal 2023-Tahun Baru 2024 (Nataru). Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, lahan parkir disediakan di kantor polisi.

"Penyediaan fasilitas ini bagian dari upaya Polri dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat. Dalam merayakan Natal dan tahun baru," kata Brigjen Ramadhan di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Polri juga mengimbau kepada masyarakat berencana mudik demi keamanan rumah kosong ditinggal saat mudik. "Polri mengimbau masyarakat yang rumahnya ditinggal mudik melapor kepada kantor kepolisian terdekat," ujar dia.

"Sehingga, nantinya dapat didata dan dilaksanakan patroli." Polri memprediksi puncak arus mudik dan arus balik pada libur Nataru.

Yaitu, pada tanggal 22, 23, 29, dan 30 Desember 2023. "Polri menjamin mobilitas masyarakat dapat berjalan lancar, tentunya Polri juga memiliki tugas untuk mengamankan masyarakat Nasrani dalam merayakan Natal," kata Brigjen Ramadhan.

Polri juga akan melakukan pengamanan masyarakat pada malam pergantian tahun baru. Sebab, masyarakat akan banyak melaksanakan aktivitas di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dan pusat hiburan.

"Untuk itu, perlu pengamanan ekstra pada titik-titik kumpul masyarakat. Agar terwujud rasa aman yang hendak merayakan Natal dan malam pergantian tahun," katanya.

Polri memprediksi akan terjadi pergerakan masyarakat sebanyak 107,63 juta orang. Selain itu, 2,88 juta kendaraan diprediksi akan keluar dari Jakarta saat libur Nataru.

Polri dalam skala nasional, menggelar Operasi Lilin 2023 selama 12 hari. Yaitu, pada (22/12/2023)-(2/1/2024).

Operasi Lilin 2023 melibatkan 129.923 personel gabungan. Terdiri dari personel Polri, TNI, dan instansi terkait.

Selain itu, Polri juga mendirikan 2.451 pos komando (posko). Terdiri dari posko pengamanan, posko pelayanan, dan posko terpadu.(*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved