-->

Minggu

Tinjau Perayaan Malam Natal, Bupati Aep : Masyarakat Karawang Punya Toleransi Beragama yang Tinggi

Tinjau Perayaan Malam Natal, Bupati Aep : Masyarakat Karawang Punya Toleransi Beragama yang Tinggi

Bupati H. Aep Syaepulloh bersama rombongan Unsur Muspida Kabupaten Karawang, terpantau melakukan peninjauan hingga pengecekan ke sejumlah gereja-gereja yang ada di Kabupaten Karawang guna memantau kesiapan umat kristiani merayakan perayaan hari Natal 2023.

Bupati dan jajaran Muspiada serta kepala Kemenag Karawang


"Pada hari ini kami memantau jalannya malam Natal yang dirayakan oleh umat kristiani dibeberapa gereja, dan Alhamdulillah, tentunya perayaan malam Natal ini bisa berjalan dengan baik dan lancar ya," ungkap Bupati Karawang, H. Aep Syaepulloh , di Karawang pada Minggu (24/12) malam. 

Dalam sambutannya, Bupati Aep mengatakan jika Pemkab Karawang bersama TNI-Polri dan Forum Kerukunan Umat Beraga (FKUB) Kabupaten Karawang memastikan kenyamanan dan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan malam Natal. "Kami pastikan Karawang adalah daerah yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua masyarakat. Perbedaan ini, mari kita jadikan sebagai keberagaman yang indah untuk saling menyayangi antar sesama manusia," ujar Bupati. 

Selain Bupati Karawang, H. Aep Syaepulloh, adapun rombongan Muspida Kabupaten Karawang yang melakukan peninjauan dan pengecekan kesiapan perayaan hari Natal 2023 ke sejumlah gereja di Karawang yang di antaranya itu ialah Ketua FKUB Karawang sekaligus Ketua MUI Karawang, KH. Tajuddin, Kapolres Karawang, AKBP H. Wirdhanto Hadicaksono, Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf. Dede Kurniawan.

Bahkan dalam kegiatan tersebut, juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Karawang, H. Budianto, Plt Kepala Satpol PP Karawang, H. Wawan Setiawan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang, Agus Kurnia, Kepala BPBD Karawang, Mahfudin beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karawang dan para Pejabat Utama (Pju) Polres Karawang.

"Alhamdulillah bahwa untuk di Kabupaten Karawang ini, masyarakatnya mempunyai toleransi beragama yang tinggi. Yang di mana pada hari ini pun untuk di setiap gerejanya, ada juga dari sejumlah Ormas-ormas yang hadir untuk memberikan pengamanan bagi masyarakat yang merayakan perayaan malam Natal di Karawang," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di Karawang, rombongan Unsur Muspida Kabupaten Karawang terbagi menjadi 5 titik rute dalam kegiatan monitoring kesiapan gereja merayakan perayaan hari Natal 2023 itu mulai dari sekitar pukul 15.30 WIB hingga berakhir pada pukul 21.30 WIB, Minggu (24/12).

Pada hari Minggu (24/12) malam atau sekitar pukul 19.30 WIB, rombongan Muspida Karawang terpantau bergerak menuju Posko Pengamanan (Pospam) Bundaran Mega Mall Ramayana Karawang yang dilanjutkan dengan ramah tamah bersama sejumlah personel gabungan guna mengecek pos pelayanan terpadu yang tergabung dalam Operasi Lilin Lodaya 2023.

"Kurang lebih ada sekitar 180 personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD hingga petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karawang. Yang di mana kita menyiapkan seluruh pasukan yang di tempatkan dibeberapa gereja untuk pengamanan malam Natal ini, sehingga mereka kami siapkan untuk disiagakan di gereja-gereja yang merayakan perayaan Natal 2023," ujarnya.

Informasi dari Kasat Binmas Polres Karawang AKP Iis Puspitaningsih, ada empat gereja yang dikunjungi oleh rombongan Muspida. Gereja pertama yang dikunjungi yakni Gereja GKI di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Rengasdengklok dan dilanjutkan memonitoring Gereja Kristus Raja yang berada di Jalan Parahyangan, Kelurahan Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Kemudian rombongan juga melakukan monitoringnya ke Gereja Immanuel di Jalan Kertabumi, dan monitoring di dua gereja yang berada di komplek Resinda yakni Gereja HKBP Karawang serta Gereja Katolik Pariki St Marinus di Desa Purwadana, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang. 

"Jadi, kami atas nama Polres dan pemerintah daerah, sekali lagi mengucapkan selamat hari Natal 2023. Dan tentunya untuk di Kabupaten Karawang ini, mudah-mudahan bisa menjadikan sebuah keberkahan untuk kita semuanya," pungkas Iis Psupitaningsih.(*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved