-->

Minggu

Resmi Dilantik, Pj. Gubernur Jawa Barat Tetapkan Aep Syaepulloh Jadi Bupati Karawang Definitif

Resmi Dilantik, Pj. Gubernur Jawa Barat Tetapkan Aep Syaepulloh Jadi Bupati Karawang Definitif

 Pasca menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Karawang sejak mundurnya Cellica Nurrachadiana pada 3 November 2023 kemarin, kini Aep Syaepulloh secara resmi telah ditetapkan menjadi Bupati Karawang definitif. Adapun penetapan keputusan tersebut, diketahui setelah Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin resmi melantik Aep Syaepulloh sebagai Bupati Karawang definitif di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat pada Senin (4/12) pagi.

Foto : Bupati H Aep Saepulloh dan pejabat Karawang lainnya


Selain melantik Aep Syaepulloh menjadi Bupati Karawang, rupanya Pj. Gubernur Jawa Barat inipun secara resmi turut melantik dua nama kepala daerah lainnya yang di antaranya itu yakni Ida Wahida Hidayati sebagai Penjabat (Pj) Walikota Banjar dan Raden Iip Hidajat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kuningan. 

Dari ke tiga penjabat yang dilantik oleh Pj. Gubernur Jawa Barat tersebut, dua di antaranya adalah Ida Wahida Hidayati dan Raden Iip Hidajat yang merupakan pejabat eselon dua di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Sosok Pj. Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati ini merupakan pejabat eselon dua yang berdinas sebagai Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Jabar.

Kemudian untuk sosok Pj. Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat merupakan pejabat eselon dua yang berdinas sebagai Kepala Bakesbangpol Jabar. Sedangkan untuk sosok pria bernama Aep Syaepulloh yang kini resmi menjabat sebagai Bupati Karawang definitif, sebelumnya merupakan Wakil Bupati Karawang yang ditunjuk menjabat menjadi Plt Bupati Karawang.

Dalam sambutan pidatonya, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin berpesan kepada ke tiga kepala daerah yang baru saja dilantik olehnya tersebut (Bupati Karawang, Pj. Walikota Banjar dan Pj. Bupati Kuningan), diharapkan untuk amanah dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya sebagai kepala daerah yang memimpin daerahnya masing-masing. 

"Teruntuk ke tiga kepala daerah yang baru saja resmi dilantik, diharapkan untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakatnya di masing-masing daerah kabupaten/kota yang dijabatnya," ungkap Bey.

Kemudian sebagai seorang kepala daerah juga, lanjut ia meminta kepada Bupati Karawang beserta Pj. Walikota Banjar dan Pj. Bupati Kuningan pun, harus dapat menjaga netralitas dari setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahannya dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Saya minta agar tetap harus menjaga stabilitas keamanan dan kenetralan para ASN pada Pemilu 2024 nanti," imbau Bey menegaskan pesannya tersebut.

Selain itu, lanjut Bey memaparkan, Provinsi Jawa Barat saat ini sudah memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrem. Untuk itu, sambungnya, kepala daerah yang telah dilantik pun dimintanya untuk perlu melakukan sejumlah langkah antisipasi agar masyarakat waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana alam.

"Jadi harus sering terjun langsung ke lapangan ya. Temui masyarakatnya, berikan mereka arahan, dan sampaikan juga terkait kewaspadaan cuaca ekstrem, namun masyarakat harus tetap tenang dan tidak panik saat menghadapi cuaca esktrem nantinya. Karena ada beberapa daerah di Jawa Barat yang memang sangat rentan akan terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir," papar Bey.

Usai dilantik, Aep Syaepulloh menyampaikan rasa syukurnya atas pelantikan dirinya yang kini resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Karawang. Bahkan sebagai Bupati Karawang yang akan menjabat selama kurang lebih untuk satu tahun ke depan, Aep pun berjanji bahwa dalam kepemimpinannya ini bakal menuntaskan sejumlah program yang menjadi sisa-sisa Pekerjaan Rumahnya (PR).

"InsyaAllah untuk sisa kepemimpinan di periode ini, tentunya akan kita maksimalkan lagi dengan sebaik mungkin. Dan terkait dengan arahan dari Bapak Pj. Gubernur Jawa Barat juga, dipastikan akan segera ditindaklanjuti oleh kita arahan dari beliau tersebut," jelas Aep menegaskan.

Adapun program yang ia maksud tersebut ialah peningkatan ekonomi melalui UMKM, penurunan stunting, penyelesaian pembangunan di sisa Tahun Anggaran 2023, dan pengisian jabatan yang kosong serta menyelesaikan visi-misinya di kala sebelumnya ia terpilih sebagai Wakil Bupati Karawang yang maju mendampingi Cellica Nurrachadiana menjadi Bupati Karawang periode 2021-2026.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari InstaStory akun Instagram milik Aep Syaepulloh, acara pelantikan tersebut rupanya turut dihadiri secara langsung oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, dan termasuk juga dihadiri oleh Mantan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Untuk diketahui khalayak publik, sebelumnya Aep Syaepulloh ini menjabat sebagai seorang Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Karawang sejak 3 November 2023 kemarin. Ia meraih jabatannya itu, usai mengisi kekosongan kursi jabatan Bupati Karawang dalam menggantikan posisi Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang sebelumnya) yang memilih mengundurkan diri karena pencalonan dirinya yang maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI asal Partai Demokrat di Daerah Pemilihan (Dapil) VII Jabar (Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Purwakarta) pada Pemilu 2024 mendatang.(*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved