-->

Senin

Indonesia Kembali Ajukan Penawaran Tuan Rumah Piala Dunia

Indonesia Kembali Ajukan Penawaran Tuan Rumah Piala Dunia

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Piala Dunia FIFA U-17 Tahun 2023 yang berjalan baik dan sukses. Berkaca dari kesuksesan tersebut, Kepala Negara meminta jajarannya menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan U-20 tahun 2025-2029.

Arahan tersebut ditujukan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kepala Negara menyebut, nantinya bidding (penawaran) tersebut akan dilakukan bersama Singapura. 

"Menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025-2029 dan bidding bersama-sama dengan Singapura. Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan," kata Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut Presiden menanggapi penampilan Timnas Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-17 yang baru berakhir. Menurut Presiden dibutuhkan proses bagi timnas untuk bisa mencetak prestasi.

“Semuanya kan perlu proses, tidak bisa instan kemudian jadi langsung juara. Saya kira yang paling baik, makin banyak mengikuti kompetisi tingkat dunia akan makin baik untuk U-17 atau U-20 kita,” ujarnya.

Ketum PSSI Erick Thohir

Presiden menyatakan, dalam persiapan dan proses pengajuan tersebut Pemerintah akan menyelesaikan renovasi untuk 22 stadion. Untuk kerja sama dengan Singapura sendiri sudah ditandatangani declaration of interest oleh PSSI dan asosiasi sepak bola Singapura.

Sementara itu, Menpora Dito menyampaikan sebagai gerak cepat menindaklanjuti perintah Presiden, Kemenpora akan mulai melakukan konferensi video rapat pertama dengan Menpora Singapura. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan kedua negara.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, Presiden bukan hanya meminta pengajuan untuk tuan rumah Piala Dunia FIFA. Melainkan pemerintah juga akan ikut bidding dan asistensi untuk empat agenda internasional lainnya. 

Keempat agenda tersebut adalah Kejuaraan Dunia Gimnastik di 2025, Kejuaraan Dunia Bola Voli 2025. Berikutnya Special Olympics World Games 2027, dan UFC World Championship 2024 yang akan diselenggarakan di Jakarta. 

Selain itu Seri MotoGP pun juga akan berlanjut di Indonesia pada tahun mendatang. “Dan 2025 Insya Allah Indonesia menjadi tuan rumah banyak sekali kejuaraan dunia,” kata Menpora.(*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved