-->

Senin

DPR Setujui Naturalisasi Jay dan Nathan untuk Timnas

DPR Setujui Naturalisasi Jay dan Nathan untuk Timnas

 Komisi X DPR RI menyetujui proses naturalisasi dua pemain sepak bola keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Komisi X DPR bersama PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Senin (4/12/2023).

DPR Setujui Naturalisasi Jay dan Nathan untuk Timnas

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Saudara Jay Noah Idzes dan Saudara Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On. Dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ucap Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.

Selanjutnya, berkas naturalisasi kedua pemain itu akan diberikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari presiden akan diterbitkan keputusan presiden sebagai dasar hukum pengambilan sumpah WNI.

Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On merupakan pemain sepakbola Belanda kelahiran 22 Desember 2001. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Diketahui, Nathan Tjoe-A-On saat ini bermain bersama tim Divisi 2 Liga Inggris, Swansea City. Sebelumnya, ia sudah rutin berkompetisi di Eredivisie bersama Excelsior Rotterdam.

Sementara itu, Jay Idzez merupakan pesepakbola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Saat ini, Jay Idzes berkostum tim Divisi 2 Liga Italia, Venezia. Jay sebelumnya sempat diragukan karena mengidap penyakit, namun saat ini kondisinya sudah membaik.

Diketahui, Jay sebelumnya menderita Trombosis pada bahunya yang membuatnya absen selama satu bulan bersama timnya. Diharapkan Jay Idzes dan Nathan Tjoe–A-On dapat segera tampil untuk Piala Asia dan kualifikasi Piala Dunia setelah proses naturalisasi keduanya rampung.

Kedua pemain yang berposisi sebagai pemain belakang tersebut diharapkan dapat menjadikan pertahanan Timnas Indonesia semakin kuat. Terlebih, saat ini tim asuhan Shin Tae-young sudah memiliki Jordi Amat dan Elkan Baggott.(*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved