-->

Sabtu

Dalam Pengamanan Nataru Polres Karawang Gandeng Senkom Mitra Polri

Dalam Pengamanan Nataru Polres Karawang Gandeng Senkom Mitra Polri

Keseriusan pihak Polri dalam mengamankan peristiwa Nataru perlu diancungi di jempol dua sekaligus karena fakta pergerakan dari Mabes Polri, Polda hingga Polres terasa hangat banget, termasuk di lingkaran hukum Polres Karawang. (21/12/23).

Senkom Mitra Polri bareng KBO IPDA Arif

Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, sebanyak 79 ribu personel Polri akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Personel tersebut akan dibantu oleh 59 ribu personel TNI dan pemerintah daerah.

Sementara di Bandung, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus mengatakan, personil yang tergabung dalam operasi Lilin Lodaya 2024 tersebut nantinya bakal disebar di titik rawan kriminalitas maupun kemacetan.

“Polda Jabar siap  mengamankan natal dan tahun baru, didiukung sepenuhnya oleh TNI, pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya serta elemen masyarakat yang berkontribusi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,”jelas Kapolda Jabar, usai gelar pasukan operasi Lilin Lodaya 2023, di lapangan Gasibu Kota Bandung, Kamis (21/12/2023).

di Karawang Kepada media, Kapolres Karawang juga mengungkapkan bahwa dalam Ops lilin Lodaya 2023 dalam rangka Pengamanan Natal dan tahun baru 2024 ini didukung 4.092 personil gabungan yang terdiri dr TNI- Polri, serta mitra kamtibmas.


Dan disela-sela kegiatan apel operasi Lilin Lodaya 2023 dan pemusnahan barang haram oleh Polres Karawang, KBO Satbinmas Polres setempat Ipda M.Arif.R sebutkan pihaknya telah melaksanakan kegiatan pembinaan kepada Pokdar Senkom Karawang Mitra Polri.
Foto pembinaan oleh KBO IPDA Arif

Kami atas nama Polres Karawang, lanjut Arif,  mengucapkan apresiasi pula kepada Senkom Karawang yang telah berpartisipasi ikut hadir dalam Apel gelar pasukan operasi Lilin Lodaya tahun  2023-2024.

KBO Satbinmas ungkapkan juga pihaknya sudah minta agar Senkom tetap exsis dalam membantu Polri dalam hal pengamanan Nataru dalam upaya menciptakan Harkamtibmas di Kabupaten Karawang.

Diperjelas Arif ke awak media, Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI. Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar Kamtibmas oleh anggota mitra Kamtibmas Mabes Polri.

Masih dikatakannya, lantas ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya. Sebagai barometer stabilitas politik, pertahanan dan keamanan. Perkembangan kebijakan dan strategi pimpinan Polri tentang Polmas ( Perpolisian masyarakat ) sebagai tindak lanjut dari SKEP KAPOLRI No. Pol.: SKEP / 737 X / 2005. Program ini ditujukan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat agar masyarakat terdorong / termotivasi bekerja sama dengan kepolisian dalam membantu tugas pokok kepolisian untuk menciptakan kamtibmas ( keamanan dan ketertiban masyarakat ),sejalan dengan program Polmas, Senkom Mitra Polri adalah wujud dari program multiguna sebagai masyarakat sadar kamtibmas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hukum dan kamtibmas serta mewujudkan partisipasi akan pentingnya arti sinergi antara masyarakat dan aparat. Senkom Mitra Polri dikatehui senantiasa mengemban tugas yang seimbang sesuai pengabdian kami kepada masyarakat. Kerja sama yang telah terjalin baik dengan berbagai mitra, lembaga pemerintah, lembaga swasta, BUMN, polri dan Lembaga swadaya masyarakat lainnya dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Melalui kesempatan ini kami pun mengucapkan terima kasih kepada semua mitra atas kepercayaannya sehingga kerja sama ini bisa berkelanjutan dan membuahkan hasil yang aman dan nyaman juga bahagia, ucapnya ,menegaskan.

Arif ceritakan Senkom Mitra Polri awal didirikan oleh anggota Mitra Kamtibmas Mabes Polri, pada hari Kamis tanggal 1 Januari 2004 silam di Jakarta. Organisasi masyarakat ini dibentuk untuk jangka waktu yang tidak ditentukan dan bersifat nasional.

Sebagai Mitra Polri, Senkom selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik pemerintah pusat,daerah maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas Nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggota Senkom berada termasuk di Karawang ,ucap Arif, mempertegas status dari Senkom Mitra Polri. (*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved