-->

Jumat

Sekilas Sosok Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango Pengganti Firli

Sekilas Sosok Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango Pengganti Firli

 Presiden Joko Widodo secara resmi memberhentikan sementara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri. Sebagai penggantinya, Nawawi Pomolango ditetapkan sebagai ketua sementara KPK.

Nawawi sendiri dikenal sebagai Wakil Ketua KPK sejak 2019. Lalu bagaimana profil kehidupan pimpinan sementara KPK yang baru ini?

Nawawi

Nawawi Pomolango merupakan pimpinan KPK yang berlatar belakang hakim. Pria kelahiran Manado, 28 Februari 1962 ini, adalah mahasiswa lulusan jurusan Hukum Pidana Universitas Pasundan.

Ia mengawali kariernya di Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Kabupaten Halmahera Tengah pada tahun 1992. Pada 1996, ia dimutasi sebagai hakim di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara. 

Selanjutnya, pada 2001, ia kembali dimutasi ke Pengadilan Negeri Balikpapan. Dan akhirnya dipindahkan lagi ke Pengadilan Negeri Makassar pada 2005.

Tidak berhenti sampai disitu, Nawawi juga dipromosikan menjadi Ketua Pengadilan Negeri Poso masa jabatan 2010–2012. Nama Nawawi mulai dikenal saat bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tahun 2011-2013.

Serta juga menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada tahun 2016. Hingga akhir 2017, ia dipromosikan sebagai hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Denpasar.

Pada 20 Desember 2019, Nawawi Pomolango beserta 4 Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo. Saat itu ia menjabat sebagai Wakil Ketua KPK periode 2019-2023.

Sementara itu, Nawawi juga merupakan Wakil Ketua KPK yang pernah, dan berani mengkritik Firli Bahuri. Yaitu, dengan mengingatkan agar pimpinan KPK menghindari gaya kerja one man show atau menonjolkan satu orang.

Kritik itu Nawawi sampaikan ketika menanggapi surat yang ditulis Gubernur Papua Lukas Enembe. Tepatnya untuk Firli Bahuri pada 3 November 2022 lalu.

Saat itu, Lukas menagih janji yang disampaikan Firli saat menjalani pemeriksaan di rumahnya. Saat itu rumah yang diperiksa terdapat di Koya Tengah, Jayapura, Papua.(*)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved