-->

Kamis

Pepadi Ingin Disbudpar - Disdikpora Karawang Kolaborasi Tingkatkan Minat dan Kecintaan Pada Seni Wayang Golek di Lembaga Pendidikan !

Pepadi Ingin Disbudpar - Disdikpora Karawang Kolaborasi Tingkatkan Minat dan Kecintaan Pada Seni Wayang Golek di Lembaga Pendidikan !

 Persatuan Padalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Karawang menaruh harapan besar dunia seni bisa dikenalkan sejak dini di sekolah-sekolah. Salah satunya adalah wayang golek dengan segudang Hasanah cerita dan lakon yang bisa di kemas secara edukatif di lembaga pendidikan.


Atas dasar itu, Pepadi Karawang yang mencatat ada 83 dalang wayang golek di Karawang, bisa di akses para siswa secara langsung ke sejumlah lembaga pendidikan lewat kolaborasi dua OPD yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disbudpar).

"Dalang di kita itu masuk kategori cukup banyak di Jawa Barat, yaitu mencapai 83 dalang dengan gudang dalang terbanyak ada di Kecamatan Telagasari. Namun, harus di akui untuk pementasannya ini minim peminat, padahal regenerasi dalang di Karawang terus subur. Makannya, kita ingin pemerintah mengkolaborasikan seni ini ke lembaga pendidikan yang dikerjasamakan dengan Disdikpora bersama Disbudpar, " Harap Ketua Pepadi Karawang, Waya Karmila, S.pd MM.

Soal lakon dan sejarah bisa di sesuaikan, karena sebut Waya, dalam pagelaran wayang golek, itu ada Sejarah Galur Babad Lokapala, kemudian Ramayana, Mahabarata dan cerita sempalan. Di cerita sempalan ini, sebutnya merupakan cerita karangan yang di hubungkan dengan cerita galur yang di sesuaikan dengan dewasa ini. 

Foto : Ketua Pepadi Karawang Waya Karmila S.Pd MM

Disinggung pembinaan regenerasi dalang, Waya menyebut bahwa belasan dalang cilik hingga kategori remaja di bina di sejumlah sanggar mandiri di 6 titik, termasuk di Disbudpar Karawang lewat guru didik dalang Iman. Bahkan, dalang Karawang juga tak kalah berpretasi di tatar Jawa Barat dan Nasional termasuk Binjokrama padalangan 27- 28 November lusa, Dalang Engkus Komara Putra Tumaritis, akan tandang bermasa kompetitor lain se Jawa Barat.

"Kami berharap regenerasi dalang remaja, anak agar terus berkreasi agar diterima oleh masyarakat. Disamping itu, pemerintah juga harus support kegiatan dan anggaran agar para seniman ini bisa representatif menggali inovasi dan kreativitasnya sambil mengenalkan wayang golek sejak dini ke lembaga-lembaga pendidikan secara berkelanjutan. Betapapun tidak menuntut semua anak jadi dalang, tetapi minat dan kecintaan pada seni wayang golek tak luntur di lekang oleh zaman, " Pungkasnya. (Rd)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved