-->

Selasa

Masyarakat di Ajak Awasi Pemilu, Panwascam Cilebar : Entitas Penting !

Masyarakat di Ajak Awasi Pemilu, Panwascam Cilebar : Entitas Penting !

Panwascam Kecamatan Cilebar Gelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama puluhan lintas tokoh di Aula Kantor Desa Sukaratu, Selasa (21/11/2023). 

Foto : Panwascam Cilebar bersama Entitas Masyarakat saat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif


Dengan menghadirkan dua narasumber yang di rekomendasikan Bawaslu Karawang, masyarakat di ajak 'menganalisis' potensi pelanggaran pemilu yang berpeluang di lakukan peserta pemilu, penyelenggara pemilu hingga masyarakat dengan jabatan yang melekat seperti ASN, TNI dan Polri di masa-masa kampanye dan tahapan pemilu serentak 2024. 

Asep D.Q, Staff penanganan pelanggaran Panwascam Cilebar mengatakan, keterbatasa SDM yang di miliki, seperti jumlah Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang hanya ada 1 orang perdesa, kemudian petugas pengawas TPS (PTPS) yang hanya mengawasi 1 TPS dengan jumlah personil 3 orang Panwascam di Kecamatan, tentu memerlukan tenaga-tenaga masyarakat dalam upaya mensukseskan pemilu dengan menjadi pengawas partisipatif.
Melaporkan setiap dugaan pelanggaran pada alurnya, hingga menjadi agen percontohan di masyarakat yang mendukung tercapainya UU Pemilu dan sejalan dengan pengawasan di Peraturan Bawaslu (Perbawaslu). 
"Dengan jumlah DPT lebih dari 40 ribu, pengawasan tidak mungkin bisa mengandalkan panwascam dengan semua personilnya yang terbatas, tapi perlu tangan-tangan masyarakat untuk sama-sama memonitor jalannya setiap tahapan pemilu di wilayahnya masing-masing, " Ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Danpos Kecamatan Cilebar, Wakil Kapolsek Kecamatan Pedes dan Camat Cilebar yang di wakili Kasie di Lingkungan Kecamatan. (Rd)

Karawang Info Rekomendasi Redaksi

Karawang Info Terkini

© Copyright 2023 Karawang Info Grup Pelita Karawang | All Right Reserved