Jubir Satgas Covid Karawang Sampaikan Surat Edaran Kemenag Soal Pembatasan Peribadatan dan Penyembelihan Hewan Qurban -->

Jubir Satgas Covid Karawang Sampaikan Surat Edaran Kemenag Soal Pembatasan Peribadatan dan Penyembelihan Hewan Qurban

KABAR KARAWANG
Senin


Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran covid-19, Kementerian Agama menerbitkan Surat Edaran Kemenag Nomor. 17 Tahun 2021 tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah yaitu seperti malam takbiran, salat ied.


Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana, Senin (19/7/2021) sore.

Fitra menyampaian  petunjuk teknis pelaksanaan Idul Qurban 1442 H tahun 2021 di wilayah PPKM Darurat dengan rincian untuk pelaksanaan peribadatan sementara dilakukan di rumah masing masing.
Fitra

"Di wilayah PPKM Darurat untuk malam takbiran di masjid atau mushala sementara ditiadakan," kata Fitra.

Lebih lanjut Fitra menjelaskan, untuk penyembelihan hewan kurban di masa PPKM Darurat wajib memenuhi kriteria. Adapun kriteria yang harus dilaksanakan yaitu penyembelihan dan kriteria hewan kurban dilakukan secara syariat islam.


"Penyembelihan dilaksanakan 11,12 dan 13 Dzulhijah untuk mencegah kerumunan. Sementara untuk pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan ruminasia," jelasnya.


Masih dikatakan Fitra, jika kapasitas terbatas, maka pemotongan hewan bisa dilakukan dengan ketentuan protokol kesehatan (prokes) seperti menjaga jarak, penerapan prokes bagi petugas hewan kurban dan penerapan kebersihan alat. ***Ts

X
X
close