Sungguh Terlalu! Banyak Karyawan Terpapar Covid-19 Tapi Perusahaan Tak Lapor Pemkab Karawang -->

Sungguh Terlalu! Banyak Karyawan Terpapar Covid-19 Tapi Perusahaan Tak Lapor Pemkab Karawang

KABAR KARAWANG
Sabtu

Klaster industri menjadi satu di antara penyebab melonjaknya kasus Covid-19 di Karawang dalam beberapa pekan terakhir.(27/6/2021).

Ahmad Suroto

Industri ini penyumbang terbesar kasus Covid-19. Dalam beberapa hari, jumlah pasien rata-rata setiap harinya itu ada sekitar 300 hingga 400 karyawan yang terpapar," ucap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, H.Ahmad Suroto.

Suroto merasa jengkel, dari ratusan perusahaan yang berdiri di Karawang, ada puluhan pabrik yang enggan melaporkan kasus Covid-19 kepada pihak pemerintah.

Padahal menurutnya,.pelaporan itu sangat penting kaitannya dengan tracing pemerintah terhadap karyawan yang terpapar dengan kerabat atau keluarganya di lingkungan tinggal.

Modusnya, perusahaan hanya melaporkan sebagian kecil karyawan yang terpapar Covid-19.

Namun setelah dicek, ternyata ada banyak karyawan lainnya yang terpapar.

"Misalnya perusahaan ini hanya melaporkan satu karyawan, tetapi nyatanya ada 15 karyawan yang terpapar," ungkapnya.

Suroto menduga, perusahaan yang enggan melapor itu akibat mereka tidak ingin menanggung tempat isolasi mandiri terhadap karyawannya.

"Perusahaan ini wajib menyiapkan tempat isolasi mandiri. Kemudian berkoordinasi dengan dinas kesehatan. Padahal pemerintah akan menyiapkan perawat dan obat-obatannya," katanya. (*)

X
X
close