Sturada 89,4 Fm Talkshow Dengan KPA Karawang Soal Pencegahan Aids -->

Sturada 89,4 Fm Talkshow Dengan KPA Karawang Soal Pencegahan Aids

KABAR KARAWANG
Jumat

Radio Sturada 89,4 Fm Pangkal Perjuangan Karawang melakukan talkshow dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Karawang terkait pencegahan penyakit HIV Aids. Talkshow di pandu bung Tris dengan nara sumber Awan Gunawan dan Yana Ariyana staf KPA Karawang di Graha Siara Sturada, Senin (7/6).

Dalam talk show diungkap, HIV/AIDS adalah virus  yang menyebar dari satu orang ke orang lainnya  yang merusak sistem imun sampai tidak berfungsi sehingga menjadi kumpulan gejala penyakit yang mematikan. 

Yana menandaskan, seseorang yang terinfeksi oleh HIV, disebut “HIV+” atau pengidap HIV. Orang yang telah terinfeksi HIV dalam beberapa tahun pertama belum menunjukkan gejala apapun. Sehingga secara fisik kelihatan tidak berbeda dengan orang lain yang sehat. Namun orang tersebut mempunyai potensi sebagai sumber penularan, artinya dapat menularkan virus kepada orang lain.

Sementara Awan menjelaskan bahwa HIV hanya dapat menular melalui darah dengan hubungan seks bebas dan jarum suntik. Namun jika hanya terkena air liur, berjabat tangan, dan lainnya virus HIV tidak bisa menular. Karena HIV merupakan virus yang ada di darah di dalam tubuh, yang menyerang kekebalan (imun) tubuh manusia.

"Penularannya melalui aliran darah. Karenanya, hindari hubungan seks bebas dan memakai narkoba," tandas Awan.

Talkshow dengan KPA Karawang ini bertujuan untuk memberikan edukasi, khususnya kepada para remaja tentang pengetahuan bahaya aids. Penyakit aids adalah penyakit menular yang terjadi karena adanya hubungan seksual dan menggunakan jarum suntik narkoba secara bergantian. Karenanya sex bebas dan narkoba harus dihindari.

Namun kedua narasumber mengingatkan agar orang penderita aids agar tidak diasingkan. Jangan lakukan diskriminasi karena penderita aids sudah menanggung beban hidup psikologisnya.***Dis

X
X
close