Breaking News : Malam Ini Mulai Terisi Satu Hotel di Karawang Sebagai Tempat Isolasi Pasein COVID-19 -->

Breaking News : Malam Ini Mulai Terisi Satu Hotel di Karawang Sebagai Tempat Isolasi Pasein COVID-19

KABAR KARAWANG
Minggu

Kabar awal disebutkan, Minggu (20/6/2021), untuk semua rumah sakit yang menjadi rujukan pasein COVID-19 di Kabupaten Karawang telah penuh terisi. Disisi lain masih banyaknya warga terpapar virus Corona dan mereka harus rela menerima menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing atau di satu tempat yang ditelah ditentukan pihak Satgas COVID-19 Kecamatan atau desa.
Foto : Kantor Bupati Karawang

Pilihan tersebut untuk pasein bergejala ringan dengan isolasi mandiri bukannya tak diperhatikan oleh pemerintah daerah Karawang karena telah dioptimalkannya peran dari Puskemas dan Pustu sebagai pendampingan pasein terpapar,terutama rumah sakit rujukan telah penuh terisi.

Berdasar hasil rapat yang dijalankan beberapa hari yang lalu Pemkab Karawang sudah pula mengantisipasinya lonjakan seperti sekarang terjadi dengan kembali menyewa hotel sebagai tempat isolasi atau karantina pasein covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan pihak Pemkab melalui Jubir Satgas COVID-19 Karawang.

Kabar sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana mengungkapkan sebanyak 1157 keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) kini telah terisi 94,2 persen. Jumlah tersebut adalah jumlah dari seluruh Rumah Sakit (RS) di Kabupaten Karawang yang menangani pasien Covid-19 baik RS Swasta maupun RS rujukan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan," ucap Fitra saat diwawancarai, Kamis (17/6/2021).

Fitra mengatakan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit merupakan pasien bergejala sedang berat. Sedangkan pasien bergejala ringan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing masing atau di lokasi yang telah disediakan oleh aparat desa setempat.

"Khusus yang bergejala ringan, proses isoman mereka didampingi oleh pihak puskemas yang rutin memberikan obat selama 7 hari berturut-turut," kata Fitra.

Untuk mengantispasi kekurangan Bed, lanjut dia, pihak Satgas berencana membuka rumah sakit darurat, yaitu hotel dengan kapasitas bed yang besar.

"Sampai saat ini pemilihan hotel yang akan dijadikan lokasi perawatan pasien covid masih di diskusikan," ucapnya.

Ia menjelaskan peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Karawang terjadi dari dua klaster, industri dan keluarga. Ia meminta kepada masyarakat untuk bertindak pro aktif jika di lingkungan sekitarnya ada yang terkonfirmasi positif corona.

"Kalau mengalami gejala seperti covid, jangan takut untuk langsung periksa ke puskesmas. Dan untuk wilayah industri kami minta jangan menutupi karyawanya yang positif covid. Ini akan menyulitkan kita pada proses tracingnya," tandasnya.

Dan hari ini, (Minggu), 20/6/2021, Pemkab masih melalui Jubir Satgas mengatakan bahwa kasus harian Covid-19 di Karawang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Minggu 20 Juni 2021.

Ia membeberkan, sebanyak 1.157 keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) kini telah terisi 94,2 persen. Jumlah tersebut adalah jumlah dari seluruh Rumah Sakit (RS) di Kabupaten Karawang yang menangani pasien Covid-19 baik RS swasta maupun RS rujukan.

Fitra mengatakan, untuk RS rujukan sudah 100 persen full terisi. Ia mengatakan, ketersediaan bed ditambah namun jumlah pasien terus bertambah. Hal ini membuat pemerintah Kabupaten Karawang semakin menggalakkan dan memperketat protokol kesehatan di masyarakat. Sejumlah hal sudah dilakukan sebagai bentuk upaya menekan penyebaran Covid19 di Karawang.

Namun, sebesar apapun usaha dan upaya Pemerintah Karawang beserta seluruh jajarannya dalam menanggulangi Covid19, jika tidak dibarengi dengan kepedulian dan peran serta masyarakat Karawang untuk ikut mendukung program pemerintah, sepertinya semuanya akan jadi tidak berarti.

Untuk itu, mari bersama-sama kita dukung pemerintah dalam memerangi virus ini, juga ringankan tugas-tugas mereka untuk tujuan kita bersama, Karawang bebas dari Corona.

"Kami mengimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan, patuhi 5M," ucap Fitra saat diwawancarai***red

Dan berikut syarat dan ketentuan bagi pasien terpapar virus Corona yang boleh Karantina di hotel.

Catatan:

Foto : Syarat dan ketentuan pasein Boleh isolasi di hotel

1. Pemerintah daerah dalam hal ini Dinkes Kabupaten Karawang tidak pernah mengarahkan bagi pasein covid-19 untuk melakukan karantina atau isolasi di Rusun Adiarsa, Karawang.

2. Kepada publik Karawang /  Keluarga pasein Covid-19 jangan percaya info-info menyesatkan. Seperti kabar Hoaks yang beredar bahwa pasein covid akan di karantina pada Rusun Adiarsa, tapi yang benar adalah di hotel yang telah ditentukan.

3. Untuk informasi lebih lengkapnya silakan berkomunikasi dengan pihak Puskesmas atau Dinkes Kabupaten Karawang.

4. Diketahui malam ini, sudah ada satu hotel yang ditunjuk Pemkab Karawang sebagai tempat isolasi dan mulai terisi pasein COVID-19 dari berbagai titik wilayah di Kabupaten Karawang.

Sumber berita : Dinkes Kabupaten Karawang

X
X
close