8 Kecamatan di Karawang di Guyur Bantuan Pupuk Hayati Kementan -->

8 Kecamatan di Karawang di Guyur Bantuan Pupuk Hayati Kementan

KABAR KARAWANG
Rabu

Sebanyak 9.500 hektar lahan sawah di 8 Kecamatan, akan segera "di cekoki" pupuk hayati bantuan stimulan dari Kementerian Pertanian. Pupuk cair organik produkan Biogen untuk kesuburan kontur lahan tersebut, sekurang-kurangnya akan di serah terimakan kepada setiap kelompok tani di Karawang pada kisaran 100 liter dan siap di semprotkan di awal musim gadu 2021 ini. 
Proses penurunan Pupuk Hayati Bantuan Stimulan Kementan di Lingkungan UPTD Pertanian Lemahabang

"Luas lahan yang akan mendapatkan bantuan ini sebanyak 9.500 hektar sesuai ajuan dari kelompok tani dan CPCL sebelumnya, dan ini tersebar di 8 Kecamatan saja. Ini terbatas, tapi memang demikian jumlah realisasi yang Karawang terima, " Kata Kabid Sarana Prasarana Dinas Pertanian Karawang, Entoh Hendra Permana di sela-sela distribusi Pupuk Hayati di UPTD Pertanian Kecamatan Lemahabang, Rabu (30/6).

Penggunaannya sendiri sebut Entoh, pupuk cair ini cukup 4 liter pupuk hayati untuk 1 hektar. Dimana lahan sejak tahun 1970 mulai di garap bahan dan pestisida kimia, sehingga pengembalian
PH tanah bisa kembali normal. Tidak hanya itu, puk Hay ini juga cocok untuk peranakan tanaman dan percepatan pertanaman, pembenahan struktur tanah sekaligus mengurangi penggunaan pupuk kimia dari saat ini. Caranya, di semprotkan baik sebelum maupun setelah pengolahan tanah. Lebih dari itu, pupuk hayati ini lebih ringan pemupukannya karena tidak menambah tenaga kerja. "Jadi keberadaan pupuk hayati ini sekaligus mensosialisasikan karena pupuk kimia mulai langka dewasa ini dan di arahkan bisa kembali ke organik/hayati, " Ujarnya. 

Proses penurunan Pupuk Hayati Bantuan Stimulan Kementan di Lingkungan UPTD Pertanian Lemahabang
Musim gadu ini, sebut Entoh sudah bisa di aplikasikan. Ia berharap, meskipun pupuk hayati ini baru turun ke 8 kecamatan, yaitu Lemahabang, Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, Jayakerta, Pangkalan, Rawamerta, Rengasdengklok dan Kecanatan Pedes ini bisa meluas di tahun-tahun mendatang. Namun, karena kemampuan pemerintah juga terbatas, maka bantuan ini juga di alokasikan terbatas dan baru di beberapa kelompok saja. "Kita inginkan perluasan bantuan pupuk ini tahun mendatang, tapi kita juga harus maklumi keterbatasan pemerintah, " Ujarnya. (Rd)

Berikut Kecamatan yang Mendapatkan Stimulan Bantuan Pupuk Hayati : 

* Lemahabang   4.000 Liter
* Rawamerta.     4.000 Liter 
* Cilamaya Kulon 4.000 Liter 
* Cilamaya Wetan 3.600 Liter 
* Pangkalan.              800 Liter 
* Rengasdengklok 2.400 Liter 
* Pedes.                   8.400 Liter 
* Jayakerta.            10.895 Liter

X
X
close