18 DPRD Karawang Sumbang Pokir Belasan Milyar Hewan Ternak Tahun Depan -->

18 DPRD Karawang Sumbang Pokir Belasan Milyar Hewan Ternak Tahun Depan

KABAR KARAWANG
Sabtu

Tahun depan, tercatat ada 18 DPRD Karawang lintas Fraksi yang siap mengguyur aspirasi/pokok pikiran (Pikir) bagi 62 kelompok ternak. Tak main-main, angka yang digelontorkan sendiri untuk merealisasikan hewan ternak jenis sapi, domba/kambing, itik dan ayam kampung tersebut, menelan aspirasi sekitar Rp12 - 15 Milyar. Selain di identifikasi standar kelompok yang wajib masuk aplikasi Sistem Penyuluh Pertanian (Simluhtan), pikir yang siap realisasi tahun 2022 tersebut, juga di verifikasi Bidang Peternakan Dinas Pertanian dengan beragam kriteria dan kesiapannya. 


"Kita akan verifikasi 62 kelompok ternak yang masuk simluhtan tersebut sampai September mendatang, dan saat ini baru 8 yang sudah kita verifikasi. Adapun item yang kita verifikasinya yaitu keberadaan kelayakan kandang, sumber air, tempat/lahan rumput dan kepengurusan kelompok, sebab mereka itu di SK kan Oleh Kades. Kita gak mau kelompok ternak yang justru belum terdaftar di simluhtan atau sudah berjalan dua tahun terakhir, " Kata Kabid Peternakan Ir Handoko kepada Pelitakarawang.com, Jumat (11/6).

Pokir untuk realisasi hewan ternak ini sebut Handoko, akan di sesuaikan dengan Satuan Standar Harga (SST) saat pembeliannya. Misalnya, ada aspirasi di satu kelompok sebesar Rp300 juta, maka rinciannya Rp200 juta sapinya, Rp100 juta kandangnya. Karenanya, ia apresiasi kepada sejumlah Anggota DPRD yang sudah menerima aspirasi para kelompok ternak untuk bisa mengurus dan memperluas usaha ternak bagi masyarakat Karawang ini. Kedepan, para kelompok ternak, juga akan dibintek untuk meningkatkan kapasitas dan sosialisasi beternak yang di fasilitas DPRD Karawang. "Tahun ini baru ada dari Wakil Ketua DPRD Karawang H Deden Rachmat, kemudian untuk tahun depan, realisasinya itu dari 18 DPRD Karawang, " Ujarnya. 

Ia menyebut, ke 18 Anggota DPRD yang siap salur pokir tersebut dan masuk list verifikasi oleh Distan tersebut diantaranya adalah,  H Deden Rachmat Wakil Ketua DPRD, kemudian Indriyani (Nasdem), Asep Ishak, Jajang Sulaeman (PKB), Suryana (Partai Golkar), Mohammad Dimyati (Gerindra), Mahpudin Evenk (Demokrat), Dedi Sudrajat (PKS), Ajang Sopandi (Wakil Ketua DPRD), Anggi (PKB), Dedi Rustandie (PPP), Asep Dasuki (PKB), Mu'mun Maemunah (PKS), Taopik Ismail (PDI Perjuangan), Nurlaela Syarifin (PBB) dan Suci Nurwenda. "Dari 18 DPRD ini, anggaran yang di gelontorkan dalam bentuk hewan ternak, kalau diangkakan sekitar Rp12-15 Milyar, " Tutup Handoko.

Wakil Ketua DPRD Karawang, Deden Rahmat mengatakan, aspirasi atau Pokir untuk realisasi non fisik, yaitu bantuan berupa hewan ternak di perbolehkan, kecuali Bansara dan Bansos yang masih belum di buka kerannya. Dirinya sebut Deden, mengawali Pokir untuk realisasi hewan ternak, mulai di tahun 2021 ini dan berlanjut bersama rekan DPRD lainnya pada tahun anggaran 2022 mendatang. Ia berencana juga menganggarkan di ABT untuk pelatihan puluhan kelompok ternak di Bandung kedepan. "Sehingga, selain hewannya yang di urus, SDM para kelompok juga bisa ditambah wawasannya, " Ujarnya. (Rd)

X
X
close